Sabtu, 15 Oktober 2011

Perbedaan Notebook dengan Netbook

Ada beberapa perbedaan mendasar antara Notebook dan Netbook, baik dari segi spesifikasi mesin ataupun dari segi penggunaannya. Pada awal munculnya Netbook tidak terlepas dari penggunaan yang mengutamakan akses internet, seperti mempermudah upload blog atau kirim email. Design Netbook lebih mungil dan eratnya lebih ringan serta baterai lebih tahan lama. Harga Netbook lebih murah atau sedikit lebih murah dibanding Notebook seri Entry Level.
Pertumbuhan netbook membuat persaingan tersendiri dengan notebook, layar netbook saat ini sedikit lebih lebar dengan ukuran antara 10 – 12 inchi, padahal di  awal kehadirannya menggunakan layar ukuran 7 – 9 inchi. Berikut ini perbedaan antara Notebook dengan Netbook, bisa kita gunakan sebagai tips untuk membeli sebuah laptop baru yang disesuaikan dengan isi kantong kita.

 
NOTEBOOK
Ukuran layar notebook umumnya lebih lebar, 10 – 18 inchi.Juga dilengkapi berbagai macam piranti hardware yang kemampuannya setara dengan komputer desktop. Penggunaan prosesor pada notebook mempunyai kemampuan setara dengan PC desktop terbaru meski prosesor notebook lebih ramping, seperti Intel Core 2 Duo atau Core i7.
Untuk Harddisk memakai ukuran besar antara 250GB-320GB sebagai media penyimpannya meski untuk perputaran rpm-nya masih kalah dengan harddisk PC desktop namun daya simpannya hampir menyamai. Begitu pula dengan penggunaan RAM berkisar 1-2 GB dengan maksimal 8GB.
Keunggulan notebook adalah performanya yang setara dengan PC desktop sehingga mampu menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa tinggi bahkan untuk game. Namun tidak semua notebook bisa digunakan bermain game berat, karena spesifikasinya bukan untuk itu. Hanya notebook gaming dengan mempunyai VGA bagus serta performa apik. Selain itu notebook banyak dilengkapi dengan finger print, bluetooth serta koneksi lainnya. Banyak fitur …makanya lebih mahal.
NETBOOK
Netbook lebih menonjolkan akses internet dan sebenarnya adalah notebook berukuran lebih kecil yang ditujukan bagi pengguna internet. Tujuannya adalah lebih portable untuk bisa lebih mobile bagi user Fungsi utama netbook adalah sebagai mobile internet devise, yaitu perangkat yang lebih difokuskan pada akses internet. Cocok buat blogger untuk melakukan update blog dan kirim email dan lebih simple dibawah ke area hotspot.
Dengan ukuran lebih kecil netbook mempunyai daya baterai lebih tahan lama dibanding notebook. Hardware pada netbook cenderung lebih banyak dikurangi misalnya DVD/CD. Oleh Intel, prosesor yang digunakan pun khusus buat netbook, seperti Intel Atom atau Nano Via yang mempunyai kecepatan 1,8 Ghz (saat ini ya…!) ukurannya tidak lebih dari 5.5mm
Seri-seri netbook Intel : Intel Atom N270, Intel Atom N280 dan Intel Atom N450.
Media penyimpannya Netbook menggunakan harddisk antara 80-160 GB, RAM 1-2GB. Meski tak di dukung drive CD/DVD user bisa menggunakan eksternal drive via USB konektor. Saat ini kemampuan netbook sudah hampir menyamai kemampuan notebook kelas office, karena sudah mampu menjalankan aplikasi office. Bahkan yang terbaru netbook banyak membundling dengan sistem operasi (OS) dari Microsoft Windows 7.
Sudah jelas ? Nah..bagi teman-teman yang mau membeli peranti jinjing (laptop) hal diatas bisa digunakan sebagai masukkan, jika hanya membutuhkan untuk kemudahan akses internet dan sedikit beberapa aplikasi office … pilihlah NETBOOK. Namun jika menginginkan performa dengan kompatibilitas tinggi maka … pilihlah NOTEBOOK. Kalau menginginkan tutorial selanjutnya maka… pilihlah AKU …..heheheh. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 

in4matica Generasi Biru Template by Ipietoon Cute Blog Design